A.
Pendahuluan
Dunia saat ini
telah memasuki masa perubahan dan post modern, ditandai dengan semakin
berkembanganya dunia teknologi dan insustri, social, dan meningkatnya
persaingan antar Negara. Perkembangan yang sangat cepat ini meliputi
keseluruhan aspek, pada dunia industry dan pendidikan misalnya, tenaga
administrasi dan karyawan dituntut untuk mampu menguasai perkembangan IT yang
cepat, pola kerja yang sebelumnya manual, berkembang menjadi kerja berbasasis
IT. Di Negara maju seperti Jerman, Jepang, Amerika, China, peran manusia dalam
dunia industry terus diminimalkan dengan adanya adanya berbagai macam alat
pendukung efektifitas perusahaan. Sehingga terus diupayakan pengembangan sumber
daya manusia sehingga dapat meningkatkan produktifitas dan efektifitas kerja
yang lebih tinggi.
Setiap Manusia
memiliki aktifitas yang begitu dinamis sesuai dengan kondisi dan kemampuan
seseorang, begitu pula dalam suatu peruasahaan dan lembaga pendidikan. Maka
diperlukan suatu system yang dapat mengatur berbagai perbedaan aktifitas dan
kompetensi seseorang dalam sebuah lembaga agar bias efisien dan efektif. Proses
penyatuan visi misi untuk mencapai tujuan inilah yang dinamakan dengan
organisasi. Dengan kedinamisan peran dan potensi setiap individu, seorang
manager di era modern dituntut untuk
memiliki perasaan, pemikiran, dan keinginan untuk menjadi efektif untuk
menghasilkan produk yang bermutu tinggi dan memberikan pelayanan sebaik
mungkin.
Restoran Pizza di East Orange, New Jersey pabrik
pembuatan kaca di Monterrey, atau karyawan took di Lithuania, mendapatkan gaji
yang baik atas hari kerjanya, manajemen sarana dan prasarana perusahaan menjadi
prioritas para manager dengan menyediakan peralatan pendukung terbaik untuk
mampu berkompetisi secara international.[1]
Ini merupakan contoh dari fungsi manajerial organisasi yang diterapkan dengan
matang oleh seorang manager. Melihat berbagai perilaku yang terjadi dalam suatu
organisasi maka dalam memahami perilaku seseorang dengan baik, kita harus
serius untuk mempelajari organisasi, orang, proses, dan struktur organisasi.
[1]
James L. Gibson, John M. Ivancevich and James
H. Donelly, Jr., Organisasi, Terj. Nunuk Ardiani, 8th edn (Jakarta:
Binarupa Aksara, 1996), p. 6.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar